Percepat Pelayanan, Pos Pemadam Kebakaran VIII Sektor Jampang Kulon Mulai Beroperasi

By January 22, 2018Berita

Dalam rangka percepatan pelayanan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat di wilayah jampangkulon, di awal tahun 2018 Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi telah mengoperasikan Posko VIII sektor Jampangkulon. Sebanyak 8 personil yang terbagi menjadi 2 regu sudah mulai bertugas di Po Pemadam Kebakaran yang pembangunan selesai pada bulan Desember 2017 lalu.

Kepala Bidang Pengendalian Operasi dan Sarana Prasarana Arianja Hasbulwafi, S.T. mengatakan bahwa Posko VIII sektor Jampangkulon tersebut sangat diperlukan dalam rangka percepatan penanggulangan kebakaran dan Penyelamatan bencana lainnya karena selama ini wilayah tersebut termasuk daerah yang belum terlindungi (diluar Wilayah Manajemen Kebakaran).

“sebelum adanya Posko VIII sektor Jampangkulon, jika terjadi kebakaran diwilayah Kecamatan Jampangkulon masih mengandalkan anggota kami dari Posko V sektor Surade, ini menjadi masalah ketika tempat kejadian kebakaran diluar WMK posko V sektor Surade, penanggulangan menjadi lambat karena jarak tempuh yang cukup jauh”, ujarnya.

Petugas Pemadam Kebakaran selalu siap siaga

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ari ini menambahkan bahwa beroperasinya Posko VIII sektor Jampang Kulon merupakan capaian kinerja Dinas Pemadam Kebakaran tahun 2017 dalam pengembangan Wilayah Manajemen Kebakaran.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Drs. H. Andi Kusnadi, M.Pd disela-sela kesibukannya mengatakan dengan bertambahnya Wilayah Manjemen Kebakaran (WMK) diharapkan dapat meningkatkan kecepatan waktu tanggap penanganan kebakaran.

“standar pelayanan minimal kami untuk waktu tanggap penanggulangan kebakaran adalah 15 menit dengan jarak radius 7,5 KM dari pos terdekat ke tempat kejadian, mudah-mudahan dengan adanya posko baru ini dapat meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat”, tegasnya.