Arus Pendek Listrik Jadi Penyebab Kebakaran Terbanyak Sepanjang 2017

By February 1, 2018Berita

Kebakaran memang tidak dapat diprediksi, sepanjang 2017 saja terhitung sebanyak 175 kebakaran di wilayah kabupaten sukabumi. 81 kebakaran diantaranya diakibatkan oleh arus pendek listrik.

Kasi pencegahan Untung Waluyo mengatakan jika banyaknya kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik merupakan humman error.

“kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal instalasi listrik adalah penyebab utama kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik”, terang Untung, rabu (23/01/2018).

Untung menekankan jika peran serta masyrakat dalam hal penanggulangan kebakaran sangatlah penting karena kebakaran bisa dicegah ketika api belum membesar.

Berdasar pada Peraturan Bupati Sukabumi tentang peran serta masyaraat dalam penanggulangan bahaya kebakaran maka Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi melalui program Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan (SKKL) guna mengurangi resiko kebakaran yang berada dilingkungan masyarakat. SKKL sudah dilakukan di 49 Desa dan tahun ini 25 desa menajdi target sosialisasi SKKL sebagai bentuk kepedulian Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi dalam pencegahan bahaya kebakaran. Melalui program SKKL juga diharapkan masyarakat dapat berperan dalam pencegahan bahaya kebakaran.

Anggota Balakar sedang dilatih memadakan kebakaran dalam kegiatan sosialisasi SKKL

“Sebelumnya kebakaran banyak diakibatkan oleh kebocoran tabung gas dan tungku, namun setelah adanya sosialisasi SKKL bisamenurunkan penyebab kebakaran tersebut. Tahun ini menjadi target kami untuk mengurangi resiko kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek”, tambah untung.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi berencana akan berkoordinasi dengan PLN selaku pihak terkait agar bisa memberikan pemahaman kelistrikan kepada masyarakat saat dilakukan nya soisalisasi SKKL ke setiap Desa.

Leave a Reply