Tingkatkan Sumber Daya Aparatur, Pos IV Sektor Palabuhanratu Damkar Kabupaten Sukabumi Lakukan Latihan

By February 1, 2018Berita

Dalam rangka peningkatan sumber daya aparatur pemadam kebakaran, anggota pemadam Pos IV Sektor Palabuhanratu melakukan latihan pemadaman kebakaran dan keselamatan (Rescue) dihalaman GOR Palabuhanratu pada kamis (1/02/2018).

Pelatihan menggunakan APAR

Kepala Bidang Pencegahan dan Pelatihan Deni Mulyadi mengatakan bahwa anggota pemadam kebakaran harus mempunyai ketangguhan, keberanian dan professionalisme.

“Kita ini (pemadam kebakaran) adalah satu kesatuan dalam melaksanakan tugas, petugas damkar haruslah tangguh, berani dan professional.” Kata Deni disela-sela kesibukan nya.

Latihan Kekompakan Aparatur Damkar

Deni pun menambahkan bahwa latihan ini akan dilakukan disemua posko dari Pos I sampai Pos VIII agar petugas damkar lebih cekatan.

Latihan Kekompakan Aparatur Damkar

Pelatihan tersebut dimulai dari pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT), lalu dilanjutkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), setelah itu latihan kekompakan anggota dalam menggunakan mobil Unit Damkar untuk pemadaman kebakaran. Setelah itu dilanjutkan pelatihan Rescue di Mako Damkar Kabupaten Sukabumi.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan yang akrab disapa Vikry  mengatakan peningkatan keterampilan pemadam kebakaran harus dilakukan secara terus menerus dan kontinyu, tidak terbatas hanya pada diklat-diklat resmi, Keterampilan  harus diasah setiap hari sesuai dengan jiwa korsa pemadam kebakaran.

Latihan Rescue di Mako Damkar Kab. Sukabumi

“Sesuai dengan Mars Pemadam Kebakaran, tidak ada pemadam kebakaran yang hebat, yang ada petugas Pemadam Kebakaran yang terlatih”, tambah Vikry.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Andi Kusnadi disela-sela padat nya kegiatan mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan professionalisme, dilaksanakan pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD) secara rutin.

“Jadilah Petugas Damkar yang professional atau Tidak sama sekali, kalau tidak professional lebih baik diam.”, Ujar Andi.