Penuhi Persyaratan SAPM, Pengadilan Agama Cibadak Lakukan Pelatihan Kebakaran

By February 14, 2018Berita

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi melakukan sosialisasi penanganan kebakaran di Kantor Pengadilan Agama Cibadak, Para pegawai kantor pun antusias mengikuti sosialisasi  yang di laksanakan pada Rabu, (14/02/2018).

Komaludin (Staf Pelatihan) sedang melatih pegawai Pengadilan Agama Cibadak cara memadamkan api menggunakan APAT

Sosialisasi tersebut diawali dengan pemeberian materi dasar penanganan kebakaran, jenis-jenis kebakaran, tipe-tipe kebakaran, dll. Lalu dilanjutkan praktek memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Diakhir acara tersebut dilakukan evaluasi dan materi tambahan tentang gas elpiji.

Komaludin (Staf Pelatihan), Vikry (Kasi Pelatihan), Dicky (Staf Pelatihan) sedang memberikan pemahaman tentang kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran gas

Sementara itu Kasi Pelatihan mengatakan bahwa ia sangat senang bisa berbagi pengetahuan kepada pegawai Kantor Pengadilan Agama Cibadak tentang bagaimana cara yang tepat menanggulangi kebakaran.

“ya, mereka (Pengadilan Agama Cibadak) yang meminta kami untuk sosialisasi tentang penanganan kebakaran, kami Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi dengan senang hati melakukan sosialisasi, karena peran serta msyarakat dalam penanggulangan bahaya kebakaran sangatlah penting .”, ujar vikry.

Wakil ketua Pengadilan Agama Cibadak Azwar mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan sehubungan dengan persyaratan Sertfikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang mengharuskan para pegawai Pengadilan Agama Cibadak paham tentang penanganan kebakaran.

“karena ini sangat riskan sekali dan kita tidak punya petugas yang berkompeten dibidang itu (Pemadam Kebakaran), makanya kami perlu memanggil dari Dinas Pemadam Kebakaran kabupaten untuk datang ke kantor kami, ini sebagai sosialisasi.”, ujar Azwar saat kami wawancarai.

Azwar pun menambahakan bahwa materi dan praktek yang diberikan sangatlah berguna untuk dirinya dan para pegawai karena dapat mengetahui bagaimana mengatasi, menanggulangi dan mengantisipasi sebelum terjadi kebakaran besar.