DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN SUKABUMI

Dinas Pemadam Kebakaran merupakan penyempurnaan kelembagaan dari sebelumnya, dengan perubahan yang signifikan dari status Bidang meningkat menjadi Kantor dan dalam waktu relatif singkat statusnya meningkat menjadi Dinas. Hal ini menandakan satu antisipasi positif Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menjawab tantangan kedepan, dimana Kabupaten Sukabumi dengan sungguh-sungguh ingin menyediakan sebuah pelayanan prima bagi   warganya, khususnya di bidang layanan terhadap bahaya kebakaran yang meliputi Pencegahan, Penanggulangan Kebakaran, dan penyelamatan bencana lainnya.

Salah satu pengembangan mutu layanan yang telah dilakukan adalah  pembentukan Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) dan penentuan lokasi Pos  Pemadam (fire station), dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara mendekatkan (mendistribusikan)  pusat-pusat  layanan  Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi tersebar lebih merata. Dengan demikian cakupan kerja Dinas Pemadam Kebakaran dapat terjangkau.

Untuk pelayanan pencegahan penaggulangan kebakaran  di wilayah, di bentuk Pos Damkar untuk melaksanakan sebagian fungsi Kantor di bidang pencegahan penanggulangan kebakaran, upaya-upaya pencegahan dan penyelamatan lain yang mempunyai wilayah kerja satu kecamatan atau lebih. Pos Damkar di pimpin oleh Komandan Pos dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Pos Damkar terdiri dari:

  1. Pos Damkar I Cisaat
  2. Pos Damkar II Cibadak
  3. Pos Damkar III Cicurug
  4. Pos Damkar IV Palabuhanratu
  5. Pos Damkar V Surade
  6. Pos Damkar VI Sagaranten
  7. Pos Damkar VII Sukaraja

Secara umum fungsi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu pencegahan kebakaran, penanggulangan kebakaran, dan penyelamatan.

1. Pencegahan Kebakaran

Dalam upaya pencegahan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembinaan teknis pencegahan kebakaran
  • Memberikan penyuluhan dan pelatihan pencegahan kebakaran kepada instansi Pemerintah, swasta, dan masyarakat.
  • Melaksanakan kegiatan Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan (SKKL) dan memfasilitasi pembentukan Barisan Relawan Kebakaran (BALAKAR) di tingkat Desa/ Kelurahan.
  • Memfasilitasi instansi Pemerintah dan swasta untuk membentuk Tim Penanggulangan Kebakaran (TPK).
  1. Melakukan tugas inspeksi
  • Melaksanakan kegiatan pendataan potensi kebakaran di wilayah Kabupaten Sukabumi;
  • Melaksanakan kegiatan pendataan sarana proteksi kebakaran pada instansi Pemerintah dan swasta di wilayah Kabupaten Sukabumi;
  • Melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan uji coba terhadap kelayakan alat proteksi kebakaran pada bangunan gedung.

 2. Pemadaman Kebakaran

Pemadaman kebakaran merupakan tindak lanjut dari kegagalan usaha-usaha pencegahan kebakaran. Dalam melakukan pemadaman kebakaran, petugas pemadam kebakaran dihadapkan pada situasi extrim yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Oleh karenanya dalam melakukan pemadaman kebakaran dibutuhkan keterampilan khusus, disiplin tinggi, dan kerjasama tim yang baik.

Adapun pemadaman kebakaran bertujuan untuk meminimalisir kerugian masyarakat dari kebakaran baik harta maupun jiwa. Dalam hal penanggulangan kebakaran difokuskan pada:

  1. Mengamankan pelaksanaan pembangunan dan aset pembangunan yang ada baik milik pemerintah maupun swasta;
  2. Mendorong seluruh pemilik bangunan baik komersil, industri dan bangunan umum untuk dapat melakukan upaya penanggulangan kebakaran secara mandiri;
  3. Melakukan pengaturan lebih detail mengenai sarana proteksi kebakaran dan sarana Penanggulangan Bencana jiwa dan harta benda pada seluruh bangunan;
  4. Mengembangkan prasarana berkaitan dengan permasalahan kebakaran dalam rangka mengantisipasi perkembangan kota yang ditandai oleh semakin beragamnya jenis bangunan serta peruntukannya.

3. Penyelamatan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu fungsi Dinas Pemadam Kebakaran adalah melaksanakan tugas penyelamatan rescue lain. Dalam upaya penyelamatan ini disadari bahwa penilaian masyarakat terhadap Dinas Pemadam Kebakaran hanyalah sebatas penanggulangan kebakaran, hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pemadam Kebakaran dalam rangka sosialisasi fungsi Dinas Pemadam Kebakaran dalam bidang penyelamatan rescue lainnya.

 

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi